Cara Memotong Tempe Agar Renyah

Pernah mampir ke warung kopi atau tukang gorengan dan bertanya-tanya kenapa tempe gorengnya renyah sekali? Saya coba mewawancarai seorang pedagang lokal di daerah Bojonggede dan bertanya soal cara memotong tempe agar renyah.

tempe goreng renyah
Tempe goreng renyah

Yaa, recent activity saya memang lagi banyak rekam sana rekam sini foto sana foto sini. Disamping berhibrkraft, saya lagi ingin merintis kegiatan content creating hehe.

Kembali soal tempe. Memang selera setiap orang berbeda-beda. Bahkan soal tempe goreng ini, saya sendiri kadang ingin makan berbagai jenis tempe. Kadang ingin tempenya agak tebal dan memiliki berbagai cita rasa, kadang ingin digoreng biasa saja, kadang ingin seperti tempe mendoan yang lembut, dan kadang ingin memakan tempe yang garing dan renyah.

Ternyata memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi kerenyahan suatu tempe loh. Berdasarkan hasil bertanya saya pada seorang pedagang gorengan di Bojonggede, faktor ini saya rangkum sebagai berikut:

  1. Ketebalan Tempe.
    Ketebalan tempe adalah faktor utama saat kita menginginkan tempe goreng yang renyah. Terlalu tipis akan menghilangkan rasa tempe, sedangkan terlalu tebal akan menyebabkan tempe cepat kehilangan kerenyahannya.

    cara memotong tempe goreng

  2. Kekentalan Adonan Tepung.
    Terlalu tebal akan menyebabkan tempe kehilangan citarasa tempenya, dan menyebabkan rasa tepung lebih dominan. Terlalu encer juga menyebabkan sosok “tempe goreng tepung”nya hilang, jadi sebisa mungkin buat adonan yang pas. Yang paling penting adalah, buat adonan sesuai selera.
  3. Bumbu dan Campuran Lain.
    Ada beberapa pedagang yang mencampur adonannya dengan sagu, ada juga yang melakukan cara berbahaya seperti mencemplungkan plastik kedalam minyak goreng agar gorengannya memiliki kerenyahan dan keawetan maksimal. Please, jangan ditiru yang menyemplungkan plastik. Berbahaya.
  4. Suhu Minyak Goreng.
    Suhu juga berperan penting pada kerenyahan gorengan yang akan kita buat. Lebih panas memang akan menyebabkan gorengan cepat matang, tapi seringkali kita temui tempe goreng yang tidak matang sampai kedalam, renyah di luar tetapi masih mentah isinya. Hal ini disebabkan oleh suhu minyak yang terlalu panas.

    persiapan memasak tempe

  5. Treatment Pasca Digoreng.
    Setelah digoreng, tiriskan minyak sampai benar-benar kering. Jika minyak masih menempel pada gorengan yang kita buat, akan menyebabkan penganan kita jadi benyek.

Sementara 5 poin saja dulu kali ya. Mungkin ada beberapa metode lain yang saya kurang paham dan belum diberitahu. Setiap pedagang memiliki resepnya masing-masing sehingga kita tidak akan menemukan tempe goreng yang sama bahkan mungkin di warung yang sama saat ganti shift.

Oiya, saya buat video tutorial cara memotong tempe agar renyah, silakan diklik disini atau lihat video dibawah ini:

Demikian postingan singkat ini. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut monggo dikomen 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *