Penggunaan Hashtag Pada Instagram

Beberapa hari lalu saya difasilitasi sama penyanyi asal New Jersey, yang juga merupakan salah satu client saya, Austin Redmon untuk mempelajari cara menumbuhkan Instagram secara organik tahun 2018, dan disitu saya dititikberatkan pada penggunaan hashtag pada Instagram pada tahun 2018 ini.

Penggunaan hashtag pada instagram 2018

Oke, pertama, apa itu hashtag? Berdasarkan sepemahaman saya sampai saat ini, hashtag adalah tipe metadata yang digunakan di berbagai sosial media dan platform lain, yang memungkinkan pengguna untuk men-submit dan mencari post dengan tema tertentu tanpa harus menggunakan mark up language.

Nah, berdasarkan apa yang saya pelajari, Instagram dan berbagai sosial media lain mengupdate penggunaan hashtagnya dan terus melakukan improvisasi dan perkembangan disesuaikan dengan zaman personalized feeds sekarang ini. Semua ini berkat AI yang diterapkan untuk mempelajari behavior dan menyesuaikannya dengan personal masing-masing individu.

Itulah kenapa ketika kita cenderung sering menyukai sesuatu, mencari hashtag tertentu, dan mengikuti sesuatu, kita akan terus dibombardir dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan sesuatu itu. Hal ini bagus sih sebenarnya karena menguntungkan baik untuk pengguna pribadi maupun pengguna bisnis (macam saya yang masih cari uang di internet)

Untuk memahami cara menggunakan hashtag yang optimal dan efisien, kita juga harus memahami kenapa orang mencari hashtag. Yang jelas, ketika kita mencari post dengan hashtag tertentu, kita berarti mau cari post dengan tema spesifik sesuai hashtag itu baik itu #bukukulit atau #hibrkraft (ciye dagang). Kita mau cari info. Dan seringkali kita cuma mau terinspirasi atau sekedar memenuhi rasa penasaran kita akan topik hashtag tersebut.

Tips Menggunakan Hashtag

Saya merangkum beberapa tips menggunakan hashtag untuk Instagram. Ya sebenarnya saya juga baru akan menerapkannya sekitar tanggal 14 September sih, tapi gapapa kita sama sama belajar ya. Semoga bermanfaat.

Jumlah Optimal Hashtag Instagram. 

Instagram membatasi penggunaan hashtag maksimal sampai 30 buah. Meski begitu, jangan pakai semua kuota itu apalagi kalau ga relevan dan mengandung hashtag terlarang. Instagram bakal menganggap bahwa kita trying too hard dan bakal cenderung menenggelamkan post kita atau bahkan dihide. Terlalu sedikit juga sebenarnya ga bagus dari sisi submitter karena bakal mengurangi exposure.

Jumlah optimalnya 5-15 hashtag. Pelajari hashtag apa yang pas dan relevan untuk digunakan.

Penggunaan Hashtag Yang Relevan.

Dimana kita pasang hashtag? Sebenarnya paling optimal sih kalau hashtagnya merupakan bagian dari caption. Contoh; “Saya pakai buku catatan ini sepanjang tahun, this is #myhibrkraft. Where is yours?”. Hindari penggunaan hashtag yang tidak relevan. Jangan taruh hashtag tentang kopi di postingan tentang lari pagi.

Ada apps yang namanya AutoHash yang bisa merekomendasikan hashtag apa yang relevan untuk post kita dengan metode Image Recognition. Zaman sudah canggih, sekelas Instagram mungkin AInya lebih maju lagi untuk membolak-balik metode itu. Ada juga yang namanya TinFairy, untuk mengecek apakah post sejenis pernah ada.

Bagaimana Memilih Hashtag?

Nah ini yang agak susah. Pertama kita coba list tentang berbagai jenis hashtag yang akan kita gunakan mulai dari hashtag utama sampai derivatifnya. Saya beri contoh ya.

trevi, produk kolaborasi tapi kelihatan eksklusif
Hibrkraft’s Trevi.

Ada beberapa hal yang menonjol dari foto tersebut. Pena, buku, desain. Lalu kita tulis dulu semua hashtag yang kira kira berkaitan dengan gambar tersebut.

Parent: #pena #buku #desain #rancangan #belajar
Derivative: #penamahal #penaunik #penaelegan, … #bukuunik #bukukulit #bukuelegan #bukuklasik, … #desaingrafis #desainproduk, … #rancanganproduk #rancanganblabla, … #belajarini #belajaritu #belajariniitu

Setelah kita buat list itu, kita search di kolom search Instagram dan kita cek berapa jumlah post yang menggunakan hashtag tersebut. Apa pentingnya? Karena kita akan jadi tau seberapa ketat persaingan kita menggunakan hashtag tersebut.

Tidak ada rasio spesifik soal penggunaan hashtag, tapi idealnya kita gunakan hashtag yang memiliki tingkat persaingan dengan perhitungan sbb:

follower x 9 = post count

Setelah akun kita tumbuh hingga memiliki lebih banyak follower lagi, barulah kita bisa menaikkan tingkat kompetisi kita dengan menggunakan hashtag yang lebih banyak pengikutnya. Jangan lupa, sesuaikan dengan niche akun kita ya.

Kita bisa menggunakan hashtag khas kita untuk melekatkan image dan brand kita di kepala audience kita kemudian. Contoh yang bagus diterapkan oleh kenandy dengan hashtag #bukukulitkenandy.

Sebenarnya tidak masalah menggunakan hashtag apa saja, jika akun kita memang memiliki engagement yang bagus. Jadi secara umum bisa kita urutkan hashtag yang perlu kita gunakan untuk memaksimalkan exposurenya adalah sbb: Parent, derivative, hashtag khas.

Kesimpulan

Menggunakan hashtag emang agak gampang-gampang susah. Aturan diatas bukan berarti aturan mutlak karena algoritma machine learning yang diterapkan berbagai raksasa dunia informasi memang terus berkembang dan mempelajari behavior penggunanya. Jangan takut untuk melenceng dari tips diatas karena bagaimanapun, ini cuma tips 🙂

Oh iya, sekedar tambahan. Instagram memiliki deretan hashtag terlarang loh. Ini beberapa daftarnya untuk hashtag global (yang digunakan di seluruh dunia secara umum).

A
#adultlife
#alone
#asia
#attractive
#assday

B
#beautyblogger
#brain
#babe
#bikinibody
#boho
#books
#beyonce

C
#costumes
#curvy
#curvygirls

D
#desk
#direct
#dm
#date
#dating
#dadylove
#dogsofinstagram

E
#eggplant
#elevator
#easter

F
#fitnessgirls
#fishnets

G
#goddess
#girlsonly
#gloves
#graffitiigers

H
#happythanksgiving
#hardworkpaysoff
#humpday

I
#ig
#instamood
#iphonegraphy
#italiano

J
Info belum available

K
#killingit
#kansas
#kissing

L
#lingerie
#like
#lean

M
#master
#models
#mustfollow

N
#nasty
#newyears
#newyearsday

O
#overnight

P
#petite
#pornfood
#popular
#pushups

Q
Info belum available

R
Info belum available

S
#skype
#snap
#snapchat
#single
#singlelife
#stranger
#saltwater
#shower
#shit
#sallyhansen
#sopretty
#sunbathing
#streetphoto
#swole
#snowstorm

T
#tanlines
#tgif
#todayimwearing
#teens
#teen
#thought
#tag4like
#thighs

U
#undies

V
#valentinesday

W
#woman
#womancrushwednesday
#women
#workflow
#wtf

X
Info belum available

Y
Info belum available

Z
Info belum available

Semua hashtag diatas diambil dari list yang dibuat oleh ThePreviewApp. Lihat artikel aslinya disini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba! Terlalu singkat padat dan gajelas ya? Kalau ada yang mau diperjelas silakan tulis di kolom komentar 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *