Apa Itu Demotivational Poster?

Internet berkembang dengan sangat cepat, ditambah dengan meluasnya pengguna dan masuknya generasi-generasi netizen baru. Hal ini menyebabkan konten baru yang bermunculan tidak bisa dibendung dan hampir tidak terkontrol (karena walau bagaimanapun, selalu ada cara untuk bikin meme kan). Banyak tren baru yang bermunculan, dan banyak tren yang ditinggalkan begitu saja. Banyak meme yang, well, punya penggemar khusus tersendiri, demotivational poster contohnya. Dengan semakin populernya demotivational poster, banyak juga pengguna format ini yang tidak paham soal filosofi didalamnya. Nah, sebenarnya apa itu demotivational poster? Yuk kenalan dulu.

Sekilas tentang demotivational poster.

Demotivational poster adalah gambar yang diberi caption ironis, dan cenderung beraliran cynism. Umumnya, demotivational poster memiliki ciri sebagai berikut: gambar konten diletakkan di tengah, memiliki latar belakang hitam, dan diberi judul serta caption dibawahnya.

Kalau motivational poster memberi dorongan moral kepada audiencenya, maka demotivational poster adalah kebalikannya. Demotivational poster cenderung menyinyirkan (keahlian para netizen, nyinyir) motivasi seseorang dengan tujuan untuk meledek atau yaa mendemotivasi.

Demotivational poster dapat ditemui sejak 1998, dan website despair.com ditengarai merupakan tempat lahirnya demotivational poster. Meski saya pribadi baru berkenalan dengan demotivational poster sejak tahun 2004 (SMP), tapi ternyata demotivational poster sudah berumur lebih tua dari itu dan hingga kini masih terus diproduksi.

Demotivational Poster dan Kultur Internet.

Demotivational poster, dikenal juga sebagai demotivational picture, demot. Berdasarkan statistik dari google trends sejak 2004, demotivational poster memiliki puncak popularitas sekitar tahun 2009, atau kalau mau disangkut pautkan, disaat generasi milenial mulai aktif menggunakan internet dan terjadi booming penggunaan internet within reach di seluruh dunia. Mungkin tren demotivational poster juga berperan pada pembentukan pola pikir generasi milenial menjadi generasi yang skeptis pada masanya.

Memang di sekitar tahun itu banyak lahir sejarah yang mempengaruhi budaya internet, seperti mulai populernya situs board dan forum seperti 4ch*n, 9gag, reddit, 2leep, cheezburger, kaskus (Indonesia), dan banyak lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Situs tersebut merupakan evolusi dan peralihan dari penggunaan milis, yang lebih dulu populer, dan berpengaruh besar membentuk kultur internet hingga seperti sekarang ini.

Dalam media mainstream, demotivational poster ternyata cukup fenomenal dan berpengaruh di masa itu sehingga dibuatkan artikel tersendiri khusus untuk membahasnya. Berikut beberapa diantaranya:

Telisik punya telisik, ternyata saya masih menyimpan koleksi demotivational poster sejak belasan tahun lalu per artikel ini ditulis loh. Yuk dicek 🙂

Subscribe channel saya ya hehe

Post ini merupakan bagian dari kategori #WhatILearnToday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *